Hidup bersama Kejujuran



Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Ya muslimin wal muslimat,  jujur adalah sebagian dari iman. Kejujuran merupakan  perkara teratas yang perlu ada dalam setiap hati, amal, dan perbuatan setiap manusia. Jujur lahir dari hati yang ikhlas tanpa mengharapkan sebuah balasan.

Rasulullah Saw. bersabda, "Hendaklah kamu selalu berbuat jujur. Sebab kejujuran membimbing ke arah kebajikan, dan kebajikan membimbing ke arah surga. Tiada henti-hentinya seseorang berbuat jujur dan bersungguh-sungguh dalam melakukan kejujuran sehingga dia ditulis disisi Allah sebagai orang yang jujur. Dan hindarilah perbuatan bohong. Sebab kebohongan membimbing ke arah kejelekan, dan kejelekan membimbing ke arah neraka. Tiada henti-hentinya seseorang berbuat bohong dan bersungguh-sung­guh dalam melakukan kebohongan sehingga dia ditulis di sisi Allah sebagai pembohong." (HR. Bukhari dan Muslim)

Kejujuran itu memerlukan pengorbanan. Dan pengorbanan itu memerlukan kesabaran. Semakin kuat memelihara kejujuran, semakin besar juga kemungkinan keberhasilan dan keberuntungan menghampiri. Tempatkan kejujuran di posisi teratas, dan berjuanglah untuk visi dan misi hidup yg lebih baik.

Tidak semua orang kaya layak untuk menjadi kaya dan tidak semua orang miskin layak untuk menjadi miskin. Hanya dengan kerja keras, keinginan yang tegas, pengabdian yang sempurna, kejujuran, dan keyakinan yang kuat maka si miskin bisa menjadi kaya dan tanpa kerja keras, keinginan yang tegas, pengabdian yang sempurna, kejujuran, dan keyakinan yang kuat maka si kaya bisa menjadi miskin.

Jujurlah selama kamu bisa melakukannya, karena hidup dengan kebohongan hanya akan menyakiti. Kejujuran memang menyakitkan, tetapi itu lebih baik daripada berbahagia karena kebohongan. Kejujuran memang menyakitkan, tetapi tidak mematikan. Kebohongan memang menyenangkan, tetapi tidak menyembuhkan. Jujurlah ! Karena semakin lama kejujuran total tertunda, semakin banyak juga tumpukan beban pikiran, rasa bersalah, serta ketakutan yang menghalangi kita. Membuatnya terluka dengan kejujuran lebih baik daripada membiarkannya larut dalam kebahagiaan yang semu.

Hal besar dimulai dari yang terkecil. Jujurlah untuk hal kecil dalam hidupmu, maka Allah akan mempercayakan hal besar padamu. Selalu jujur, karena kebebasan adalah milik mereka yang jujur. Orang yang berbohong tak bisa bebas, karena terperangkap kebohongannya. Kejujuran yang menjadi kebiasaan membawa kebanggaan. Kebohongan yang menjadi kebiasaan membawa kesengsaraan.

Rasulullah Saw. bersabda, "Pegang teguhlah enam perkara, niscaya aku memberimu jaminan sorga. Yakni berbicaralah dengan jujur bila kamu berbicara, tepatilah janji bila kamu berjanji, sampaikan amanat bila kamu diamanati, jagalah kemaluanmu dan perbuatan zina, pejamkan. matamu dari perbuatan maksiat, dan jagalah tanganmu dari meminta-minta." (HR. Ahmad)

Berkata jujur adalah seindah-indahnya jalan, dan indah kejujuran itu tidak butuh penghias lain, karena sejatinya kejujuran itu sudah indah dengan sendirinya. Ingat ! Jangan berbohong, karena perlu 1000 kebohongan lainnya untuk menutupi 1 kebohongan. Dan hanya orang-orang pemberani dan gentle sajalah yang mampu berkata jujur.

Wallahu a'lam bishawab
Wassalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh

15 comments:

iya hidup itu kita perlu jujur :''')

Artikel yang sangat menginspirasi.
Jangan lupa ya, berkunjung kembali.

sangat bermotifasi artikelnya gan, thank

Kejujuran memang sangat penting, apalagi dalam hal berteman, rada kesal tmn yg sering bohong dalam konteks Tugas tentunya :D

wah artikel yang menarik gan :D makasih sob atas artikel :)

nah ini dia artikel-artikel yang bagus untuk baca :D

Wah artikelnya sangat bermanfaat sekali gan, betul apa yang disampaikan diatas, kita dalam menjalankan hidup itu harus penuh dengan kejujuran sebagai jalan taqwa kita kepada Allah dan meningkatkan rasa adil dan sikap amanah kita terhadap orang lain :-d

betul sekali hidup harus jujur :)

hidup dengan sifat yang jujur itu sangt baik sekali, krn akan melatih diri kita dengan sifat kebenaran

iya memang kita harus hidup bersama kejujuran

Betul Gan :D Hidup Itu Harus Bersama Kejujuran :D Biar Tentram :D

Post a Comment