Dakwah adalah Cinta



Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Ya muslimin wal muslimat, pada kali ini kita membahas mengenai dakwah, yang merupakan kewajiban dan tanggung jawab setiap ummat islam. Yukk langsung aja disimak.

Dakwah secara etimologi berasal dari bahasa arab yaitu Da'a yang artinya mengajak atau menyeru.
Syekh Ali Makhfudh : “Dakwah adalah mendorong manusia untuk berbuat kebajikan dan mengikuti petunjuk (agama), menyeru mereka kepada kebaikan dan mencegah mereka dari perbuatan munkar agar memperoleh kebahagiaan dunia akhirat."

Quraish Shihab : "Dakwah adalah seruan atau ajakan kepada keinsyafan, atau usaha mengubah sesuatu yang tidak baik kepada sesuatu yang lebih baik dan sempurna baik terhadap pribadi maupun masyarakat."

Dakwah adalah suatu kegiatan atau aktivitas yang bersifat mengajak atau menyeru kepada orang lain untuk mengamalkan ajaran islam. Dakwah adalah usaha peningkatan pemahaman keagamaan yang mengubah pandangan hidup, sikap batin dan perilaku ummat yang tidak sesuai dengan syari'at islam menjadi sesuai dengan syari'at islam untuk memperoleh kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat.

Landasan hukum dakwah menurut Al-Qur'an dan Al-Hadits :

- "Dan hendaklah ada diantara kamu segolongan ummat yang menyeru kepada kebaikan, memerintahkan kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang mungkar." (QS Al-Imran:104)

- "Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah (perkataan yang tegas dan benar yang dapat membedakan antara yang hak dan yang batil) dan pengajaran yang baik, dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu, Dialah yang lebih mengetahui siapa yang sesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui siapa yang mendapat petunjuk." (QS An-Nahl:125)

- "Barang siapa yang menunjukkan kepada seseorang suatu kebaikan, maka baginya pahala seperti orang yang melaksanakannya." (HR Muslim)

- "Ajaklah mereka memeluk Islam dan beritahu mereka apa-apa yang diwajibkan atas mereka yang berupa hak Allah di dalamnya. Demi Allah, Allah memberi petunjuk kepada seseorang lantaran engkau, adalah lebih baik bagimu daripada engkau memiliki unta merah." (HR Bukhari)

Dakwah merupakan kewajiban bagi setiap muslim untuk menyeru manusia baik muslim maupun kafir agar mereka menuju kejalan Allah. Segala perbuatan baik yang kita lakukan tidak akan sempurna jika tidak pernah mendakwahkan perbuatan baik tersebut. Tanpa dakwah, kebenaran islam tidak akan menyebar luas. Dan tanpa dakwah, dunia akan diselimuti oleh kegelapan yang pekat. Karena Islam adalah cahaya, dan Dakwah adalah menyebarkan cahaya tersebut ke seluruh belahan dunia.

Dakwah bukan hanya pekerjaan para rasul Allah, ulama, ustadz, dll. Tapi juga pekerjaan orang-orang awam yang hanya bisa menyampaikan walau hanya beberapa nasehat. Rasulullah pernah berkata "sampaikanlah walau satu ayat". Karena sesungguhnya tidak ada amal baik yang lebih baik daripada memberi nasehat baik. Dan tidak perlu harus banyak ilmu dan cukup umur dulu, sampaikanlah kepada teman-temanmu, keluargamu, saudaramu, dan lain sebagainya walau sebuah nasehat. Selalu ada cara yang lebih sederhana dan mudah untuk menyampaikan pesan-pesan kebaikan. Walaupun sedikit, asalkan isinya benar sesuai dengan Al-Qur'an dan Al-Hadits, serta bisa dipahami oleh penerimanya.

Jika itu kebaikan, maka ajaklah orang lain untuk melakukannya. Jika itu kebaikan, maka tak ada alasan untuk takut menyebarkannya. Kebaikan tersebar melalui para pengembang dakwah dan mengalir lewat perkataan maupun perbuatan mereka. Ilmu selalu menuntut untuk disebarkan. Ia akan lebih dipahami saat disebarkan, ia akan lebih berguna jika disebarkan.

Jalan dakwah itu berat, bahkan sangat berat hingga sedikit pengikutnya. Bagi da'i sejati, menapaki jalan dakwah yang panjang adalah pembuktian janji Allah dan Rasul-Nya. Ia takkan mundur ketika berada di medan amal pertempuran, ia akan terus bertahan walau harus terluka, dan ia akan menunaikan semua amanah dakwah.

Isilah hari-hari dengan berdakwah, sehingga kita dikelilingi selalu dengan kebaikan. Semoga kita menjadi orang yang pandai menyampaikan nasehat-nasehat baik kepada orang lain. Aamiin Allahumma aamiin.

Wallahu a'lam bishawab
Wassalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh

0 komentar:

Posting Komentar