Sahabat



Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Ya muslimin wal muslimat, jika Allah menciptakan pelangi tuk mengindahkan langit, menciptakan bunga tuk mengindahkan bumi, dan menciptakan karang tuk mengindahkan laut. Maka Allah menciptakan sahabat tuk keindahan hidupmu.

Orang yang mengatakan kekurangan kita tetapi mereka tidak memberikan solusi itu adalah teman. Orang yang mengatakan kekurangan kita dan memberi solusi itu adalah kawan. Orang yang menanyakan kekurangan kita, membantu mencari solusinya, serta merelakan waktu untuk menyelesaikannya, itu adalah sahabat.

Sahabat adalah mereka yang membantumu bangkit tuk percaya diri ketika orang lain berusaha menjatuhkan dan meremehkanmu. Sahabat adalah mereka yang tahu kekuranganmu, tapi menunjukkan kelebihanmu. Sahabat adalah mereka yang tahu ketakutanmu, tapi menunjukkan keberanianmu. Sahabat adalah mereka yang tahu semua kekuranganmu, namun tetap memilih bersamamu ketika orang lain meninggalkanmu.

Sahabat adalah mereka yang menggenggam tanganmu ketika kamu susah, tapi tahu kapan melepasmu untuk berjuang sendiri tuk belajar dewasa. Sahabat adalah mereka yang menjadikan masalahmu menjadi masalah mereka, hanya karena mereka tak ingin kamu sendirian menghadapinya. Sahabat adalah mereka yang mampu mengeluarkan kemampuan terbaik yang ada dalam dirimu dan selalu berimu semangat untuk menjalani hidupu. Sahabat bukan mereka yang menghampirimu ketika butuh, namun mereka yang tetap bersamamu ketika seluruh dunia menjauh.

Sahabat adalah mereka yang tahu bahwa ada sedih di matamu ketika seluruh dunia percaya dengan senyum di wajahmu. Sahabat adalah seseorang yang mampu mendengarkan lagu dalam hatimu, mereka pun mampu mendendangkannya kembali saat kamu lupa bait-baitnya. Karena seorang teman hanya akan mendengar apa yang kamu katakan saja. Namun seorang sahabat sejati mampu mendengar sesuatu yang tidak pernah kamu katakan.

Sahabat yang baik adalah orang yang berkata benar, dan bukan hanya membenarkan kata-kata. "Perkataan sahabat yang jujur lebih besar harganya daripada harta benda yang diwarisi dari nenek moyang." (Ali bin Abu Thalib)

Persahabatan bukan untuk mengumpulkan batu sebanyak- banyaknya, melainkan untuk menemukan satu emas yang berharga. Persahabatan tak terjalin dengan orang yang istimewa. Kita jadi istimewa karena bersahabat, sahabatlah yang mengistimewakan kita.

Sahabat selalu memberikan waktu disaat tawa hadir, ataupun dikala air mata mengalir. Sahabat selalu ada untukmu, ketika kamu punya masalah. Bahkan terkadang memberi saran yang bodoh hanya tuk lihat kamu tertawa. Sahabat tak akan menghilang saat masalah datang, tetapi menggandeng tanganmu dan menghadapinya bersama-sama. Sahabat itu seperti bintang, dia memang tak selalu terlihat, tapi kamu tahu dia selalu ada disana.

Mencari sahabat itu tidak mudah, yang lebih mudah adalah menjadi sahabat untuk mereka yang kita sayangi. Jangan pernah sakiti sahabatmu, karena sahabat adalah cara Allah menunjukkan bahwa Dia tak ingin kamu sendirian jalani hidup. "Selemah-lemahnya manusia ialah orang yang tak mau mencari sahabat dan orang yang lebih lemah dari itu ialah orang yang mensia-siakan sahabat yang telah dicari." (Ali bin Abu Thalib)

Bersedih dengan orang yang tepat lebih baik daripada berbahagia dengan orang yang salah. Bijaklah dalam memilih sahabat. Indahnya persahabatan adalah saat kita memberi tak mengharapkan balasan. Pilihlah siapa-siapa saja yang pantas menjadi sahabatmu, karena setiap orang yang ada didekatmu akan berpengaruh besar terhadap hidupmu.

Sahabat sejati akan membawa kita menuju jalan kemuliaan-Nya. Mereka ibarat matahari yang mencerahkan bumi dan rembulan yang menerangi kegelapan. Kehadirannya selalu dinanti laksana bunga yang mekar dan selalu dinantikan oleh kumbang. Karena Seorang sahabat sejati akan tetap setia mendampingi kita meskipun seisi dunia telah pergi meninggalkan kita.

Tak ada yang sempurna, begitu juga sahabat. Mereka pasti lakukan salah, tapi kamu selalu temukan sebuah alasan tuk maafkan mereka.

Wallahu a'lam bishawab
Wassalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh

8 comments:

Beruntung banget yang punya temen yang setia :)

sahabat yang baik adalah sahabat yang selalu berkunjung ke blog tetangganya :D

sahabat gue kemana nihh , wkwkwk

alhamdulillah menginspirasi gan (y)

Wah, artikelnya mantap dan bermanfaat sekali gan ..
Dengan kutipan diatas dapat memotivasi diri saya pribadi :)

Sahabat itu memang yang terbaik karena mereka selalu berada disamping kita disaat kita susah maupun senang :)

sahabat itu seperti sepasang sepatu yang selalu bersama kemana mana dan melangkah maju bersama ke depan :yaya:

Post a Comment