10 Karakteristik Seorang Muslim



Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Ya muslimin wal muslimat, muslim harus mempunyai karakteristik tersendiri yang membedakannya dengan ummat-ummat yang lain, dan menjadi sifat-sifat khusus bagi seorang muslim. Karena karakteristik muslim merupakan salah satu pilar utama untuk membentuk masyarakat islam dan tegaknya sistem islam di muka bumi ini. Berikut ini adalah 10 sifat yang harus dimiliki ummat islam :

1. Akidah yang bersih
Muslim harus bersih akidahnya dari sesuatu hal yang mendekatkan dan menjerumuskan dirinya dari lubang syirik.

2. Ibadah yang benar
Muslim harus benar ibadahnya sesuai dengan Al-Qur'an dan Al-Hadits, serta terjauh dari segala bid'ah yang dapat menyesatkannya.

3. Akhlak yang kokoh
Muslim harus mulia akhlaknya sehingga dapat menunjukkan sebuah kepribadian yang menawan dan dapat meyakinkan kepada semua orang bahwa islam adalah rahmat bagi seluruh alam.

4. Fisik yang kuat
Muslim harus kuat fisiknya sehingga dapat mengatur segala kepentingan bagi jasmaninya yang merupakan amanah/titipan dari Allah SWT.

5. Intelek dalam berpikir
Muslim harus berwawasan luas, berpikir rasional, dan pintar sehingga dia mampu menangkap berbagai informasi serta perkembangan yang terjadi di sekitarnya.

6. Independent dari segi ekonomi
Muslim harus mampu berusaha sehingga menjadikannya seorang yang berjiwa mandiri dan tidak mau bergantung kepada orang lain dalam memenuhi segala kebutuhan hidupnya.

7. Berjuang melawan hawa nafsu
Muslim harus bersungguh-sungguh dalam jiwanya sehingga menjadikannya seseorang yang dapat memaksimalkan setiap kesempatan ataupun kejadian sehingga berdampak baik pada dirinya ataupun orang lain.

8. Pandai menjaga waktu
Muslim harus efisien dalam memanfaatkan waktunya sehingga menjadikannya sebagai seorang yang pantang menyiakan waktu untuk melakukan kebaikan, walau sedikitpun. Karena waktu yang kita gunakan selama hidup ini akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT.

9. Teratur dalam segala urusan
Muslim harus tertata dalam urusannya sehingga menjadikan kehidupannya teratur dalam segala hal yang menjadi tanggung jawab dan amanahnya. Dan juga dapat menyelesaikan semua masalahnya dengan cara yang baik.

10. Bermanfaat untuk orang lain
Muslim harus bermanfaat bagi orang lain, sehingga menjadikannya seseorang yang bermanfaat dan dibutuhkan. Keberadaannya akan menjadi sebuah kebahagiaan bagi orang lain dan ketiadaannya akan menjadi sebuah kerinduan pada orang lain.

Itu lah 10 sifat yang harus dimiliki ummat islam. Kira-kira kamu udah punya berapa sifat yang seperti itu ? kalaupun belum semua, belajarlah dan berjuanglah untuk memenuhi segala syarat menjadi seorang muslim yang sejati. Semoga kita semua dapat menjadi muslim sejati, dan mampu menunjukkan kepada dunia bahwa ummat islam merupakan rahmat bagi semesta alam. Aamiin Allahumma aamiin.

Wallahu'alam bishawab
Wassalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh

2 komentar:

saya mungkin belum gan
tapi lagi berusaha menjadi muslim yang berkarakter xixi
~zufardhiyaulhaqs.blogspot.com

aamiin. Semoga berhasil. Dan jangan lupa perdayakan juga ke-Islaman orang-orang di lingkungan agan yang lain.

Posting Komentar