Hidup seperti Menyetir Mobil



Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Ya muslimin wal muslimat, hidup itu diumpamakan seperti kita menyetir sebuah mobil dengan kondisi kaca depan yang kotor. Tentu kita tidak dapat melihat jalannya bukan ? Bagaimana mungkin kita dapat menyetir sampai ke tujuan dengan selamat tanpa melihat jalan yang akan kita lalui ? Apa yang harus dilakukan ? Hanya sekedar memikirkan jalan yang akan dilalui atau membersihkan kacanya terlebih dahulu sebelum mulai menyetir ?

Tentu kita harus membersihkan kacanya terlebih dahulu, baru setelah itu akan terlihat jelas jalan yang akan kita lalui ketika menyetir. Seperti itu juga dalam hidup kita, untuk dapat menuju tujuan yang kita inginkan tentu kita harus bertindak. Contohnya jika kita menginginkan menjadi seorang yang sukses, tentu untuk menjadi seorang yang sukses tidak cukup hanya bermimpi dan berdiam diri saja bukan ? Butuh adanya tindakan-tindakan yang sekiranya dapat mendekatkan kita kepada yang kita inginkan. Meskipun hanya tindakan-tindakan yang kecil, tetapi setidaknya kita tidak diam di tempat.

Rencanakan dan lakukanlah hal-hal yang membuat kita mampu meraih mimpi kita. Rencanakan hal-hal yang sekiranya kita butuhkan untuk meraihnya, wujudkan segala yang sudah kita rencanakan itu dengan tindakan. Berdoa, berjuang, dan tetap yakinlah. Karena, upah dari apa yang kita yakini dan perjuangkan adalah melihatnya.

Tidak usah terlebih dahulu kita sibuk-sibuk memikirkan jalannya kalau ternyata kita belum membersihkan hati, mengoptimalkan diri, dan memantapkan niat. Karena hanya dengan keadaan hati yang bersihlah, kita akan melihat jalannya, akan terlihat semua solusi dari permasalahan hidup ini, dan akan selamat sampai tujuan.

Bayangkan jika kita menyetir sebuah mobil hanya dengan memikirkan jalannya saja tanpa dapat melihat jalannya, karena kaca mobilnya yang kotor. Tentu jaminan akan keselamatan kita tidak akan ada, yang ada hanya keraguan dan ketakutan. Seperti itu juga dalam hidup kita, kalau kita hidup tanpa tahu tujuan kita hidup, maka kita hanya akan menjadi benalu saja. Mau dibagaimanakan hidup kita ini ? Mau dikemanakan hidup kita ini ? Dan mau diseperti apakan hidup kita ini ? Hanya diri sendirilah yang bisa menjawab sesuai dengan keinginan.

Hargai hidup, jangan sia-siakan setiap waktu yang bermanfaat. Kalau ingin menjadi sukses, maka manfaatkanlah waktu yang berharga ini mulai dari sekarang. Tentukan tujuan, rencanakan, tulis, dan lakukanlah perlahan-lahan. Tidak penting seberapa kali kita gagal, yang penting adalah seberapa kali kita bangkit dari kegagalan. Dan orang sukses adalah mereka yang mampu mengoptimalkan dirinya sendiri demi kemakmuran bersama.

Wallahu a'alam bishawab
Wassalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh

4 comments:

walaikum salam wr wb thanx gannn ane udh seneng baca artikel antum :)

Artikalnya mantap gan ..
saya bisa mengambil hikmahnya :)

wah bener sekali gan :D
Artikel mantafff :D

Ini dia yang saya betah baca artikel di blog ini. Sangat menginspirasi sekali. Semoga tambah jaya blognya :)

Post a Comment