Ketidaksia-siaan Setiap Usaha



Sungguh, tidak ada usaha yang tidak membuahkan hasil. Terlepas besar atau kecilnya hasil, hal tersebut tergantung pula dengan sebesar apa usaha yang telah dilakukannya. Dan sungguh, tidak ada pencarian yang tidak membuahkan hasil. Terlepas sesuai atau tidaknya hasil, hal tersebut tergantung pula dengan seteguh apa pencarian yang telah dilakukannya.


          Christopher Columbus, seorang yang bertekad mencari daratan Asia. Meskipun oleh teman-teman sekitarnya ia dan rombongannya ditertawakan karena mencari daratan Asia melalui jalur barat. Padahal, seharusnya jalur yang dilalui adalah jalur timur, bukan jalur lainnya. Namun Columbus tetap saja melalukan perjalanannya, tidak peduli dengan ejekan dari teman-temannya.

          Suatu ketika, Columbus berteriak kegirangan sebab ia menemukan sebuah daratan yang ia yakini adalah sebagai daratan yang selama ini menjadi pencariannya, yaitu daratan Asia. Namun sangat disayangkan, daratan yang ditemukan olehnya tersebut bukanlah daratan Asia, melainkan daratan Amerika.

          Namun dari kisah tersebut, kita sama-sama dapat mengambil pelajaran yang cukup berharga, bahwa jika kita menginginkan sesuatu yang hendak kita dapati maka berusahalah terlebih dahulu dengan niat hati yang kokoh lagi teguh untuk memelihara rasa juang dalam meraihnya. Dan janganlah bersedih jika kita tidak mendapatkan sesuatu yang tidak sesuai dengan harapan kita, karena sesuatu yang telah kita dapatkan dari hasil berusaha tidaklah sia-sia jika kita mampu untuk berprasangka baik dan bijak dalam memanfaatkannya.

          Keberhasilan, prestasi, kegemilangan, dan apapun itu haruslah terlebih dahulu diusahakan dengan sungguh-sungguh. Karena adalah tidak mungkin apabila kita menginginkan sesuatu yang kita harapkan namun tanpa disertai dengan usaha yang sungguh-sungguh.

          Setidaknya ada satu hal yang perlu kita camkan, bahwa janganlah menganggap harapan itu sebagai sesuatu yang tinggi, lantas jika harapan tersebut tidak mampu kita raih maka kita akan merasakan sakitnya terjatuh dari ketinggian. Namun anggaplah harapan itu sebagai sesuatu yang jauh, lantas jika harapan tersebut tidak mampu kita raih maka setidaknya ada jarak yang telah kita tempuh, jarak yang setidaknya menjadi titik di mana kita tidak lagi berpijak di tempat semula.

          Jika kita menginginkan kesuksesan, maka bergegaslah untuk segera melakukanya, jangan hanya menunggu. Memangnya apa yang ditunggu? Hey, lagi-lagi camkan, jika kita bisa sukses secepat mungkin maka janganlah ada nanti-nanti lagi, dan jika kita bisa sukses sesukses-suksesnya maka janganlah ada tanggung-tanggung lagi. Raihlah kesuksesan secepat dan sesukses mungkin sampai titik darah penghabisan. Sebab, tentunya kita tidak pernah tahu titik puncak dari kesuksesan dan titik akhir dari kehidupan kita, maka manfaatkanlah waktu dan kesempatan dengan sebaik-baiknya, jangan disia-siakan. Sungguh, jangan.

          Ingat, dalam hidup, kita tidak akan selalu mendapatkan sesuatu yang kita harapkan, terkadang kita hanya mendapatkan pelajaran yang sejatinya justru lebih kita butuhkan. Sebab, orang-orang yang paling berbahagia tidak selalu memiliki hal-hal terbaik, mereka hanya senantiasa menjadikan yang terbaik dari setiap hal yang hadir dalam hidupnya.


Dan, kita tidak akan pernah merasa gagal apa bila kita senantiasa percaya bahwa setiap kejadian yang tidak sesuai dengan harapan kita merupakan alternatif lain untuk mencapai tujuan kita sebelumnya. Lagi pula, wajar saja jika rasa-rasanya sesuatu yang kita harapkan sulit didapatkan. Bagaimana tidak? Karena sesuatu yang berharga terkadang memang tidaklah mudah untuk diraih. Butuh perjuangan yang berarti, dan semangat yang tanpa henti.

10 comments:

Bner tuh gan infonya,, ane jdi tambah nih informasinya

alhamdulillah, kapan lagi ane dapat info kayak gini, terimakasih kakak :)

makasih kakak infonya duh alhamdulillah

nah yang 75% nya kadang manusia ngelakuin berbagai cara, haram atau halalnya mah bodo amat. yang penting tercapai aja. semoga aja kita selalu bisa meraih sesuatu dengan cara yang dibenarkan lagi halal. btw, nice thread gan (y)

jangan pernah menyerah dan trus berusaha, dan suautu saat nanti kita pasti bisa sukses ehe

Mantap, mantap banget, sangat bermanfaat. Bisa menambah wawasan

bener banget kak, sekarang aku juga lagi usaha utk sukses..
makasih ya kak sangat memotivasi sekali :)

salam pertemanan salam perkenalan

pusatrik.blogspot.com

open follow dan tukaƙ link

Post a Comment