Hidup Penuh Pilihan Dan Risiko


Hidup ini penuh dengan pilihan, penuh sekali, bahkan mungkin tidak dapat kita hitung jumlahnya. Sebab, ketika kita memilih salah satu di antaranya maka pilihan lain yang bercabang dari pilihan awal tersediakan, lagi, dan lagi pilihan-pilihan akan terus muncul dalam hidup kita.


Setiap pilihan tentu ada risikonya, tidak ada pilihan manapun yang bersih dari sebuah risiko. Shalat misalnya, kebanyakan orang menganggap bahwa shalat adalah sebuah kewajiban, jadi harus dilakukan bahkan mungkin tanpa dipertimbangkan lagi. Namun sebagian orang juga ada yang menganggap bahwa shalat hanyalah membuang waktu. Bayangkan, sekian menit yang digunakan untuk shalat mungkin bisa dimanfaatkan untuk hal lain yang lebih jelas pengaruhnya. Seperti membantu orang lain, bekerja keras, mencari ilmu, atau lain sebagainya.

Ya, tentu semua hal itu kembali lagi kepada pribadi masing-masing. Karena selalu ada pertimbangan bagi setiap orang dalam memilih suatu pilihan, dan selalu ada alasan bagi setiap orang untuk tetap teguh pada pilihannya.

Yang pasti, jangan sampai kita salah mengambil jalan. Sebab hidup akan menuntut kita agar selalu berjalan ke depan menelusuri jalannya. Lantas jangan pernah menyesali yang sudah berlalu, lagi-lagi karena menyesal tidaklah ada manfaatnya, justru hanya akan menghambat kebahagiaan saja.

Maka sibukkan diri bukan untuk mencari pilihan yang bersih dari sebuah risiko, sebab kita tidak akan pernah menemukannya. Tetapi sibukkanlah diri untuk mempersiapkan mental yang berani lagi gagah dalam menghadapi risiko tersebut. Persiapkan diri untuk menghadapi setiap risiko, itulah poin pentingnya.

0 komentar:

Posting Komentar