Masalah? Aku Tidak Takut



Sungguh! Di dalam hidup, masalah yang menjatuhkan semangat kita pasti ada, dan kegagalan yang meruntuhkan harapan kita juga pasti ada. Allah telah menyisipkan semua hal itu di dalam hidup setiap manusia, tidak terkecuali kepada mereka yang kita anggap sebagai orang hebat sekalipun. Mereka juga tentunya pernah ditimpakan masalah dan dihembuskan kegagalan. Sungguh! Allah Maha Adil.


Maka camkanlah bahwa setiap manusia memiliki jalan hidup dan masalahnya masing-masing. Ingat! Setiap manusia! Setiap manusia memiliki masalahnya masing-masing! Karena memang sejatinya masalah di dalam hidup setiap manusia sudah melekat di dalam dirinya. Tinggal bagaimana kemudian setiap manusia tersebut menanggapi ketentuan yang ada.

Orang yang kita anggap hebat hari ini, mereka pun tidak serta-merta mendapatkan keberhasilan sebegitu mudahnya. Mereka juga tentunya pernah mendapatkan masalah dan kadangkala kegagalan di setiap perjuangannya. Ini sungguh sudut pandang yang memiliki pelajaran berharga di baliknya, bahwa masalah dan kegagalan itu pasti ada, tinggal bagaimana kemudian kita senantiasa berprasangka baik dan senantiasa memelihara keyakinan juga semangat juang kita untuk terus menggapai harapan yang sudah kita idam-idamkan sedemikian indahnya.

Tidaklah masalah itu datang melainkan sebagai kesempatan bagi kita. Ia tergantung bagaimana kemudian kita dalam menanggapinya. Akan kita manfaatkan dan setelahnya menjadi kesempatan yang berhargakah? Atau akan kita sia-siakan dan setelahnya menjadi kesempatan yang justru membuat kita tanpa sadar telah merugikan diri sendirikah?

Namun sebenarnya, masalah itu merupakan kesempatan yang sangat berharga. Sangat, sangat, sangat berharga. Karena darinya kita memiliki kesempatan untuk kemudian bisa menjadi pribadi yang semakin baik lagi dari sebelumnya jikapun kita dapat bijak dalam menanggapinya dan belajar dari segala sesuatunya. Seperti seorang pelaut. Seorang pelaut tidak akan dikatakan sebagai pelaut yang handal apabila ia belum melewati badai dan ombak besar dengan selamat selama melaut.

Maka jangan pernah takut terhadap masalah yang datang menghampiri, jangan bahkan menghindar darinya. Kuatlah! Bijaklah! Dan berprasangka baiklah! Karena bukankah masalah itu sesuatu yang dapat diselesaikan? Bukankah masalah itu sesuatu yang dapat dikalahkah? Maka yakinlah pada diri sendiri! Yakinlah pada diri sendiri bahwa kita bisa mengatasinya. Kalahkan masalah itu! Jangan sampai sebaliknya. Jangan sampai masalah itulah yang akan mengalahkan kita, dan setelahnya akan berdampak buruk terhadap perkembangan hidup diri kita sendiri.

Karena sepedih-pedihnya masalah yang kita dapati akan sangat lebih pedih lagi apabila kita tidak lantas menguat untuk melawan kepedihan itu. Hanya duduk termenung dengan segala kepedihan yang akhirnya melemahkan hati, mengacaukan pikiran, membekukan semangat, dan merumitkan masa depan. Seolah-olah kepedihan itu adalah masalah yang cukup besar, dan seolah-olah kepedihan itu adalah suatu hal yang tidak dapat terobati.

Lagi-lagi karena tidak ada yang benar-benar melemahkan kita kecuali diri kita sendiri. Hati kita yang lemahlah yang menjadikan kecilnya masalah justru menjadi masalah besar. Seolah-olah masalah tersebut semakin rumit dan sulit, lantas kita putus asa dan merasa tidak mampu. Padahal sebuah masalah tidaklah bertambah besar maupun sulit. Hanya karena keyakinan kita yang melemahlah kemudian semuanya terasa rumit dan sulit.

0 komentar:

Posting Komentar