Apalah Arti Berharap?



Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Apalah arti berharap? Jika ketika berharap, namun tidak mengarahkan harapan itu kepada sesuatu hal yang bermanfaat untuk kemaslahatan bersama ummat.

Dan apalah arti berharap? Jika sudah didapat, namun kemudian melupakan Sang Pemberi Nikmat. Pun jika tidak didapat, namun kemudian menyalahkan kepada yang seharusnya tidak disalahkan.


Hidup bukan tentang apa yang kita harapkan, juga bukan harus selalu sesuai dengan pengharapan. Karena jika hidup selalu sesuai dengan pengharapan, lantas di manakah letak ujiannya?

Berprasangka baik merupakan kunci daripada kebahagiaan hidup dalam berbagai keadaan. Baik ketika tengah dipersulit, baik juga ketika tengah dipermudah. Karena saat dipersulit bukan berarti kemudian tidak akan bahagia. Pun sebaliknya, karena saat dipermudah juga bukan berarti kemudian jaminan akan selalu indah.

Yakinlah bahwa kamu tak dapat menjamin kesuksesan juga kelancaran untuk masa depan yang telah kamu harapkan. Kamu hanya dapat menjamin kebahagiaan lagi keindahan untuk masa depanmu, yaitu dengan berprasangka baik serta bersyukur terhadap apa yang kamu dapati.

Hanya dengan berlapang dada menerima apa yang kamu dapati, lantas akan membuat hatimu takkan diganggu rasa cemas dan gundah. Di sanalah kemudian kamu akan menuai kebahagiaan yang tak peduli dengan seberat atau sesulit apa pun itu masalah juga kegagalan yang menerpa dirimu.

Sahabat Abi Hurairah radhiyallahu'anhu berkata, bahwa Rasulullah shalallahu'alayhi wa salam telah bersabda: Allah subhanahu wa ta'ala telah berfirman: "Aku adalah tergantung prasangka hamba-Ku kepada-Ku. Sesungguh-nya Aku selalu beserta hamba-Ku selagi dia berdzikir kepada-Ku." (HR. Bukhari dan Muslim)

Wassalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh

0 comments:

Post a Comment